RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA/MA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif).
B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Paragraf yang berpola naratif:
· Pendaftaran topik-topik
· Penyusunan kerangka paragraf naratif
D. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
· Mengidentifikasi topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
· Mengidentifikasi kerangka karangan paragraf naratif.
b. Proses
· Menemukan topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
· Menemukan kerangka karangan paragraf naratif.
2. Psikomotor
a. Menata kalimat-kalimat menjadi paragraf naratif
b. Mengubah kerangka karangan menjadi paragraf naratif
3. Afektif
a. Karakter
· Kerja sama
· Kritis
· Teliti
· Jujur
· Tanggung jawab
· Apresiatif
b. Keterampilan sosial
· Menjadi penulis yang baik
· Menulis dengan bahasa yang baik dan benar
· Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
· Menyumbang ide
· Membantu teman yang mengalami kesulitan
E. Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
- Produk
1) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif di LP 1: produk.
2) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi kerangka karangan paragraf naratif. di LP 1: produk
- Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang berisi contoh-contoh paragraf yang terdapat dalam LP 2: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat menemukan
1) topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif; dan
2) kerangka karangan paragraf naratif..
Psikomotor
a. Siswa dapat menata kata-kata menjadi puisi lama yang disediakan dalam LP 3: psikomotor.
b. Siswa dapat menata diksi dengan memperhatikan bait, rima, dan irama LP 3: psikomotor.
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama,kritis, teliti, jujur, bertanggung jawab, dan apresiatif.
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menjadi penulis yang baik, menulis dengan bahasa yang baik dan benar, bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : kooperatif
Metode pembelajaran : penugasan, diskusi, unjuk kerja
G. BAHAN
Lembar Kerja, kertas HVS/buffalo, spidol, perekat
H. ALAT
Komputer dan LCD
I. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
A. | Kegiatan Awal (15 menit) 1. Mengecek kesiapan siswa 2. Memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi 3. Mengarahkan pemahaman siswa tentang puisi lama | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
B. | Kegiatan Inti (65 menit) Penggalan 1
Penggalan 2
Penggalan 3
| ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
C. | Kegiatan Akhir (10 menit) 1. Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti. 2. Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi. 3. Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa. |
J. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja
2. LP 1 = kognitif: produk
3. LP 2 = kognitif: proses
4. LP 3 = psikomotor
5. LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6. LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7. Tabel spesifikasi lembar penilaian
8. Silabus
K. PENILAIAN
Jenis Tagihan:
- tugas individu : menggunakan LP1, LP4, dan LP5
- kelompok : menggunakan LP2 dan LP3
- (ulangan) : lembar kerja
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ jawaban singkat
§ lembar pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar