Kamis, 28 April 2011

RPP SMA Bahasa Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA/MA ...
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : X
Semester                     : 1
Alokasi Waktu           : 4 × 45 menit
A.      STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif).
B.       KOMPETENSI DASAR :
Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
C.      MATERI PEMBELAJARAN :
Paragraf yang berpola naratif:
·           Pendaftaran topik-topik
·           Penyusunan kerangka paragraf naratif

D.      INDIKATOR
1.      Kognitif
a.       Produk
·      Mengidentifikasi topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
·      Mengidentifikasi kerangka karangan paragraf naratif.

b.      Proses
·      Menemukan topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
·      Menemukan kerangka karangan paragraf naratif.

2.      Psikomotor
a.       Menata kalimat-kalimat menjadi paragraf naratif
b.      Mengubah kerangka karangan menjadi paragraf naratif

3.      Afektif
a.       Karakter
·      Kerja sama
·      Kritis
·      Teliti
·      Jujur
·      Tanggung jawab
·      Apresiatif
b.      Keterampilan sosial
·      Menjadi penulis yang baik
·      Menulis dengan bahasa yang baik dan benar
·      Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
·      Menyumbang ide
·      Membantu teman yang mengalami kesulitan
E.       Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
    1. Produk

1)   Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif di LP 1: produk.
2)   Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi kerangka karangan paragraf naratif. di LP 1: produk

    1. Proses

Siswa diberikan lembar kerja yang berisi contoh-contoh paragraf yang terdapat dalam LP 2: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat menemukan

1)   topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif; dan
2)   kerangka karangan paragraf naratif..

Psikomotor
a.       Siswa dapat menata kata-kata menjadi puisi lama yang disediakan dalam LP 3: psikomotor.
b.      Siswa dapat menata diksi dengan memperhatikan bait, rima, dan irama LP 3: psikomotor.

Afektif
a.       Karakter

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama,kritis, teliti, jujur, bertanggung jawab, dan apresiatif.

b.      Keterampilan sosial

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menjadi penulis yang baik, menulis dengan bahasa yang baik dan benar, bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.



F.            MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Model pembelajaran       : kooperatif
Metode pembelajaran     : penugasan, diskusi, unjuk kerja


G.          BAHAN

Lembar Kerja, kertas HVS/buffalo, spidol, perekat


H.          ALAT

Komputer dan LCD

I.              LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
A.

Kegiatan Awal (15 menit)

1.      Mengecek kesiapan siswa
2.      Memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi
3.      Mengarahkan pemahaman siswa tentang puisi lama











1
2
3
4
B.

Kegiatan Inti (65 menit)

Penggalan 1

  1. Siswa duduk dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 5 orang anggota.
  2. Siswa membaca contoh paragraf naratif yang diberikan oleh guru.

  1. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi topik-topik dan kerangka karangan yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif berdasarkan contoh paragraf naratif yang telah dibaca oleh mereka.

  1. Siswa menuliskan paragraf naratif berdasarkan topik-topik dan kerangka karangan yang telah dirancang oleh siswa.

  1. Siswa menempelkan tulisannya di depan kelas.
  2. Siswa berdiskusi untuk memberikan tanggapan mengenai paragraf naratif yang ditulis siswa lain di depan kelas.
  3. Di dalam kelompoknya siswa bertanggung jawab bersama-sama dalam memberikan tanggapan berdasarkan paragraf naratif  serta menuliskannya di kertas buffalo serta menempelkannya di dinding/papan tulis.

Penggalan 2

  1. Siswa mengidentifikasi paragraf naratif secara bersama-sama untuk menunjukkan kerja sama
  2. Siswa memberikan tanggapan dengan diksi yang tepat secara bersama-sama untuk menunjukkan kerja sama
  3. Siswa menulis dengan bahasa yang baik dan benar dalam menulis paragraf naratif.

  1. Siswa mengajukan pertanyaan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar bila menemukan hal-hal yang belum jelas.

  1. Siswa menemukan topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.
  2. Siswa menemukan kerangka karangan paragraf naratif.

Penggalan 3

  1. Siswa berdiskusi untuk menemukan topik-topik dan kerangka karangan yang dapat dikembangan menjadi paragraf naratif dengan menerapkan prinsip saling menyumbang ide. Siswa juga menunjukkan sikap penulis yang baik ketika menulis paragraf naratif.

  1. Siswa menata kalimat-kalimat menjadi paragraf naratif seraya membantu teman sejawat yang mengalami kesulitan

  1. Siswa berupaya mengapresiasi teman sejawat dalam unjuk kerja mengubah kerangka karangan  menjadi paragraf naratif. Siswa juga menunjukkan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok lain.







1
2
3
4
C.

Kegiatan Akhir (10 menit)  
1.      Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
2.      Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
3.      Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.







J.             SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = kognitif: proses
4.      LP 3 = psikomotor
5.      LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.      LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.      Tabel spesifikasi lembar penilaian
8.      Silabus

K.          PENILAIAN

Jenis Tagihan:
  • tugas individu          : menggunakan LP1, LP4, dan LP5
  •  kelompok                 : menggunakan LP2 dan LP3
  •  (ulangan)                  : lembar kerja

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  jawaban singkat
§  lembar pengamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar