Sabtu, 21 Mei 2011

RPP Bahasa Indonesia SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP/Mts
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : VII
Semester                     : 1
Alokasi Waktu           : 3 × 40 menit
A.      STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi.
B.       KOMPETENSI DASAR :
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
C.      MATERI PEMBELAJARAN :
Buku harian:
·           Unsur-unsur buku harian
·           Tahapan menulis buku harian
·           Pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar dalam buku harian

D.      INDIKATOR
1.      Kognitif
a.       Produk
·      Mengidentifikasi tahapan menulis buku harian.
·      Mengidentifikasi unsur waktu dalam buku harian.
·      Mengidentifikasi unsur tempat dalam buku harian.
·      Mengidentifikasi unsur peristiwa dalam buku harian.

b.      Proses
·      Menemukan unsur waktu dalam buku harian.
·      Menemukan unsur tempat dalam buku harian.
·      Menemukan unsur peristiwa dalam buku harian.

2.      Psikomotor
a.       Menata kalimat-kaimat menjadi paragraf-paragraf yang kohesi dan koheren.
b.      Menggunakan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.

3.      Afektif
a.       Karakter
·      Kerja sama
·      Kritis
·      Teliti
·      Jujur
·      Tanggung jawab
·      Apresiatif
b.      Keterampilan sosial
·      Menjadi penulis yang baik
·      Menulis dengan bahasa yang baik dan benar
·      Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
·      Menyumbang ide
·      Membantu teman yang mengalami kesulitan
E.       Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
    1. Produk

1)   Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi tahapan menulis buku harian di LP 1: produk.
2)   Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi unsur waktu dalam buku harian di LP 1: produk.
3)   Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi unsur tempat dalam buku harian di LP 1: produk.
4)   Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi unsur peristiwa dalam buku harian di LP 1: produk.

    1. Proses

Siswa diberikan lembar kerja yang berisi contoh-contoh paragraf yang terdapat dalam LP 2: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat menemukan

1)   unsur waktu dalam buku harian;
2)   unsur tempat dalam buku harian; dan
3)   unsur peristiwa dalam buku harian.

Psikomotor
a.       Siswa dapat menata kalimat-kaimat menjadi paragraf-paragraf yang kohesi dan koheren yang disediakan dalam LP 3: psikomotor.
b.      Siswa dapat menulis buku harian dengan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar yang disediakan dalam LP 3: psikomotor.

Afektif
a.       Karakter

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama,kritis, teliti, jujur, bertanggung jawab, dan apresiatif.

b.      Keterampilan sosial

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menjadi penulis yang baik, menulis dengan bahasa yang baik dan benar, bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.



F.            MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Model pembelajaran       : kooperatif
Metode pembelajaran     : penugasan, diskusi, unjuk kerja


G.          BAHAN

Lembar Kerja, kertas HVS/buffalo, spidol, perekat


H.          ALAT

Komputer dan LCD

I.              LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
A.

Kegiatan Awal (10 menit)

1.      Mengecek kesiapan siswa
2.      Memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi
3.      Menyampaikan ambak materi pelajaran
4.      Mengarahkan pemahaman siswa tentang buku harian











1
2
3
4
B.

Kegiatan Inti (40 menit)

Penggalan 1

  1. Siswa duduk dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 5 orang anggota.
  2. Siswa membaca contoh buku harian yang diberikan oleh guru.

  1. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi tahapan dan unsur-unsur buku harian berdasarkan contoh buku harian yang telah dibaca oleh siswa.

  1. Siswa menuliskan buku harian berdasarkan cara pengungakapan dan bahasa yang baik dan benar.

  1. Siswa menempelkan tulisannya di depan kelas.
  2. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi unsur-unsur buku harian yang ditulis siswa lain.
  3. Siswa berdiskusi untuk memberi tanggapan mengenai buku harian yang telah ditulis siswa lain berdasarkan tahapan dan unsur-unsur buku harian.
  4. Siswa memperbaiki kesalahan dalam menulis buku harian.
  5. Di dalam kelompoknya siswa bertanggung jawab bersama-sama dalam memberikan tanggapan berdasarkan tahapan dan unsur-unsur buku harian  serta menuliskannya di kertas buffalo serta menempelkannya di dinding/papan tulis.

Penggalan 2

  1. Siswa mengidentifikasi tahapan dan unsur-unsur buku harian secara bersama-sama untuk menunjukkan kerja sama
  2. Siswa memberikan tanggapan dengan diksi yang tepat secara bersama-sama untuk menunjukkan kerja sama
  3. Siswa menulis dengan bahasa yang baik dan benar dalam menulis buku harian.

  1. Siswa mengajukan pertanyaan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar bila menemukan hal-hal yang belum jelas.

  1. Siswa menemukan tahapan dalam menulis buku harian.
  2. Siswa menemukan unsur-unsur dalam buku harian.

Penggalan 3

  1. Siswa berdiskusi untuk menemukan tahapan dan unsur-unsur buku harian dengan menerapkan prinsip saling menyumbang ide. Siswa juga menunjukkan sikap penulis yang baik ketika menulis buku harian.

  1. Siswa menata kalimat-kalimat menjadi paragraf-paragraf yang kohesi dan koheren seraya membantu teman sejawat yang mengalami kesulitan

  1. Siswa berupaya mengapresiasi teman sejawat dalam unjuk kerja menulis buku harian dengan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar. Siswa juga menunjukkan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok lain.







1
2
3
4
C.

Kegiatan Akhir (10 menit)  
1.      Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
2.      Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
3.      Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.
4.      Guru memberikan tugas lanjutan.







J.             SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = kognitif: proses
4.      LP 3 = psikomotor
5.      LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.      LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.      Tabel spesifikasi lembar penilaian
8.      Silabus

K.          PENILAIAN

Jenis Tagihan:
§  tugas individu          : menggunakan LP1, LP4, dan LP5
§  kelompok                 : menggunakan LP2 dan LP3
§  (ulangan)                  : lembar kerja

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  jawaban singkat
§  lembar pengamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar