RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP/Mts
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester : 1
Alokasi Waktu : 3 × 40 menit
A. STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi.
B. KOMPETENSI DASAR :
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Buku harian:
· Unsur-unsur buku harian
· Tahapan menulis buku harian
· Pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar dalam buku harian
D. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
· Mengidentifikasi tahapan menulis buku harian.
· Mengidentifikasi unsur waktu dalam buku harian.
· Mengidentifikasi unsur tempat dalam buku harian.
· Mengidentifikasi unsur peristiwa dalam buku harian.
b. Proses
· Menemukan unsur waktu dalam buku harian.
· Menemukan unsur tempat dalam buku harian.
· Menemukan unsur peristiwa dalam buku harian.
2. Psikomotor
a. Menata kalimat-kaimat menjadi paragraf-paragraf yang kohesi dan koheren.
b. Menggunakan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar.
3. Afektif
a. Karakter
· Kerja sama
· Kritis
· Teliti
· Jujur
· Tanggung jawab
· Apresiatif
b. Keterampilan sosial
· Menjadi penulis yang baik
· Menulis dengan bahasa yang baik dan benar
· Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
· Menyumbang ide
· Membantu teman yang mengalami kesulitan
E. Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
- Produk
1) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi tahapan menulis buku harian di LP 1: produk.
2) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi unsur waktu dalam buku harian di LP 1: produk.
3) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi unsur tempat dalam buku harian di LP 1: produk.
4) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi unsur peristiwa dalam buku harian di LP 1: produk.
- Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang berisi contoh-contoh paragraf yang terdapat dalam LP 2: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat menemukan
1) unsur waktu dalam buku harian;
2) unsur tempat dalam buku harian; dan
3) unsur peristiwa dalam buku harian.
Psikomotor
a. Siswa dapat menata kalimat-kaimat menjadi paragraf-paragraf yang kohesi dan koheren yang disediakan dalam LP 3: psikomotor.
b. Siswa dapat menulis buku harian dengan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar yang disediakan dalam LP 3: psikomotor.
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama,kritis, teliti, jujur, bertanggung jawab, dan apresiatif.
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menjadi penulis yang baik, menulis dengan bahasa yang baik dan benar, bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : kooperatif
Metode pembelajaran : penugasan, diskusi, unjuk kerja
G. BAHAN
Lembar Kerja, kertas HVS/buffalo, spidol, perekat
H. ALAT
Komputer dan LCD
I. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
A. | Kegiatan Awal (10 menit) 1. Mengecek kesiapan siswa 2. Memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi 3. Menyampaikan ambak materi pelajaran 4. Mengarahkan pemahaman siswa tentang buku harian | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
B. | Kegiatan Inti (40 menit) Penggalan 1
Penggalan 2
Penggalan 3
| ||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
C. | Kegiatan Akhir (10 menit) 1. Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti. 2. Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi. 3. Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa. 4. Guru memberikan tugas lanjutan. |
J. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja
2. LP 1 = kognitif: produk
3. LP 2 = kognitif: proses
4. LP 3 = psikomotor
5. LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6. LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7. Tabel spesifikasi lembar penilaian
8. Silabus
K. PENILAIAN
Jenis Tagihan:
§ tugas individu : menggunakan LP1, LP4, dan LP5
§ kelompok : menggunakan LP2 dan LP3
§ (ulangan) : lembar kerja
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ jawaban singkat
§ lembar pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar