DESKRIPSI BUTIR INSTRUMEN 1 PENILAIAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS
II. KELAYAKAN BAHASA
A. Kesesuaian dengan Tingkat Perkembangan Peserta Didik
Butir 16 | Kesesuaian dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik |
Deskripsi | Bahasa yang digunakan untuk menjelaskan konsep, aplikasi konsep, ilustrasi sampai dengan contoh yang abstrak, sesuai dengan tingkat intelektual peserta didik (secara imajinatif dapat dibayangkan oleh peserta didik). |
Butir 17 | Kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial-emosional peserta didik |
Deskripsi | Bahasa yang digunakan sesuai dengan kematangan sosial-emosional peserta didik dengan ilustrasi yang menggambarkan konsep-konsep mulai dari lingkungan terdekat (lokal) sampai dengan lingkungan global. |
B. Kekomunikatifan
Butir 18 | Keterbacaan pesan |
Deskripsi | Pesan disajikan dengan bahasa yang menarik, jelas, tepat sasaran, tidak menimbulkan makna ganda (menggunakan kalimat efektif) dan lazim dalam komunikasi tulis bahasa Indonesia. |
Butir 19 | Ketepatan Bahasa |
Deskripsi | Kata dan kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan mengacu pada kaidah bahasa Indonesia. Ejaan yang digunakan mengacu pada pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsep, prinsip, azas, atau sejenisnya tepat makna dan konsisten. . |
Butir 20 | Keruntutan dan keterpaduan bab |
Deskripsi | Penyampaian pesan antara satu bab dengan bab lain yang berdekatan dan antarsubbab dalam bab mencerminkan hubungan logis. |
Butir 21 | Keruntutan dan keterpaduan paragraf |
Deskripsi | Penyampaian pesan antarparagraf yang berdekatan dan antarkalimat dalam paragraf mencerminkan hubungan logis. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar