Rabu, 11 Mei 2011

Telaah Kurikulum dan Buku Teks

      DESKRIPSI BUTIR INSTRUMEN 1 PENILAIAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS

II. KELAYAKAN BAHASA

A. Kesesuaian dengan Tingkat Perkembangan Peserta Didik
Butir 16
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didik
Deskripsi
Bahasa yang digunakan untuk menjelaskan konsep, aplikasi konsep, ilustrasi sampai dengan contoh yang abstrak, sesuai dengan tingkat intelektual peserta didik (secara imajinatif dapat dibayangkan oleh peserta didik).
Butir 17
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan sosial-emosional peserta didik
Deskripsi
Bahasa yang digunakan sesuai dengan kematangan sosial-emosional peserta didik dengan ilustrasi yang menggambarkan konsep-konsep mulai dari lingkungan terdekat (lokal) sampai dengan lingkungan global.


B. Kekomunikatifan
Butir 18
Keterbacaan pesan
Deskripsi
Pesan disajikan dengan bahasa yang menarik, jelas, tepat sasaran, tidak menimbulkan makna ganda (menggunakan kalimat efektif) dan lazim dalam komunikasi tulis bahasa Indonesia.
Butir 19
Ketepatan Bahasa
Deskripsi
Kata dan kalimat yang digunakan untuk menyampaikan pesan mengacu pada kaidah bahasa Indonesia. Ejaan yang digunakan mengacu pada pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsep, prinsip, azas, atau sejenisnya tepat makna dan konsisten. .
Butir 20
Keruntutan dan keterpaduan bab
Deskripsi
Penyampaian pesan antara satu bab dengan bab lain yang berdekatan dan antarsubbab dalam bab mencerminkan hubungan logis.
Butir 21
Keruntutan dan keterpaduan paragraf
Deskripsi
Penyampaian pesan antarparagraf yang berdekatan dan antarkalimat dalam paragraf  mencerminkan hubungan logis.

 C. Keruntutan dan Kesatuan Gagasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar