Minggu, 29 Mei 2011

Telaah Kurikulum dan Buku Teks

DESKRIPSI BUTIR INSTRUMEN 1 PENILAIAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH ATAS




I. KELAYAKAN ISI


A. Kesesuaian Uraian Materi dengan SK dan KD


Butir 1
Kelengkapan materi
Deskripsi
Materi yang disajikan memuat semua aspek ruang lingkup yang mendukung pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk kelompok bidang IPA/IPS pada SMA tertentu.
Kelompok bidang IPA/IPS
1. Untuk kelas XI Semester 1
Berisikan KD:
1)     Menanggapi Isi Sambutan atau Khotbah yang Didengarkan
2)     Menceritakan Pengalaman dan Kejadian yang Dilihat
3)     Menemukan Pokok Pikiran Esai
4)     Menulis Paragraf Deskripsi
5)     Melafalkan Fonem Bahasa Indonesia dan Menggunakan Kata yang Mengalami Proses Morfologis
6)     Menilai Isi Ceramah yang Didengarkan
7)     Menyampaikan Topik Artikel
8)     Merangkum Isi Bahasan
9)     Menulis Paragraf Narasi
10)  Mengidentifikasi dan Menggunakan Jenis-Jenis Frasa dan Klausa
11)  Mendengarkan dan Menyimpulkan Pokok Pembicaraan dari Wawancara
12)  Berwawancara
13)  Membaca Biografi
14)  Menulis Paragraf Eksposisi
15)  Mengidentifikasi dan Membedakan Berbagai Jenis Kalimat
16)  Mengidentifikasi Penokohan, Dialog, dan Latar
17)  Menceritakan secara Lisan Cerpen yang Pernah Dibaca
18)  Menganalisis Nilai-Nilai Cerpen
19)  Menulis Puisi
20)  Menelaah Karya Sastra Naratif
21)  Menganalisis Kesesuaian Penokohan, Dialog, dan Latar dalam Pementasan Drama








22)  Mendeklamasikan Puisi
23)   Mengidentifikasi Pelaku, Peristiwa, dan Latar Novel
24)   Menulis Cerita Pendek
25)   Menggunakan Komponen Kesastraan dalam Drama
26)   Menonton Pementasan Drama
27)   Memerankan Drama
28)   Mengidentifikasi dan Menemukan Nilai-Nilai Karya Sastra Melayu Klasik
29)   Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama
30)   Menganalisis Komponen Puisi
Semester 2
1)      Mendengarkan dan Merangkum Informasi dalam Diskusi
2)      Mempresentasikan Hasil Penelitian
3)      Menentukan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat
4)      Menulis Ringkasan Artikel
5)     Mengidentifikasi Kata Berawalan dan Berakhiran
6)      Mendengarkan Informasi dan Pendapat Dialog
7)      Menyampaikan Tanggapan dan Pertanyaan
8)      Membaca Intensif dan Membuat Rangkuman
9)     Menulis Rangkuman Diskusi Panel dan Notula
10)  Mengidentifikasi Kata Berkonfiks yang Terdapat dalam Teks
11)   Merangkum Pokok-Pokok Informasi dalam Diskusi
12)   Berdebat
13)   Membaca dan Menceritakan Kembali Berbagai Ragam Bacaan
14)  Menulis Karya Ilmiah
15)  Mengelompokkan Kata Majemuk
16)   Menonton Pementasan Drama
17)   Menceritakan Kembali Hikayat
18)   Membandingkan Hikayat dengan Novel
19)   Menulis dan Menyadur Cerpen
20)   Mengidentifikasi Komponen Kesastraan Drama
21)   Mendengarkan dan Membuat Resensi tentang Drama yang Ditonton
22)   Mengevaluasi Teks Drama atau Pementasan Drama dalam Kegiatan Diskusi
23)   Membandingkan Hikayat dengan Cerpen
24)   Mengubah Penggalan Hikayat ke dalam Cerpen
25)   Menganalisis Perkembangan Genre Sastra

Butir 2
Keluasan materi
Deskripsi
Materi yang disajikan secara jelas mencakup pengenalan konsep, definisi, prosedur, prinsip, dan penjelasan yang mudah dipahami, sehingga mendukung pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan kelompok bidang jurusannya.
Butir 3
Kedalaman materi
Deskripsi
Uraian, contoh, contoh-kontra, serta soal latihan yang disajikan memperjelas konsep, definisi, prosedur, atau prinsip.
B. Keakuratan Materi
Butir 4
Keakuratan konsep dan definisi
Deskripsi
Setiap  konsep  dan setiap  definisi  dirumuskan  dengan  tepat,  tidak  ambigu
(tidak menimbulkan multi tafsir), dan tidak menimbulkan miskonsepsi.
Butir 5
Keakuratan prinsip
Deskripsi
Prinsip-prinsip  berbahasa  baik  yang  berupa  ragam ujaran maupun tulisan dirumuskan dengan cermat dan jelas.
Butir 7
Keakuratan contoh
Deskripsi
Konsep, prinsip, prosedur, berbahasa harus diperjelas oleh contoh (dapat juga  berupa  contoh  yang  salah  (counter  example))  yang  disajikan  secara akurat.
C. Materi Pendukung Pembelajaran
Butir 8
Penalaran (reasoning)
Deskripsi


Materi memuat contoh penggunaan alur berpikir induktif (khusus ke umum) untuk membuat dugaan-dugaan (konjektur), atau deduktif (umum ke khusus) untuk menyatakan kebenaran suatu proposisi. Materi memuat uraian dan contoh yang runtut, dan jelas, mampu mengembangkan kemampuan untuk menarik kesimpulan yang sahih, dan dilengkapi dengan soal-soal terbuka  dan contoh penyelesaiannya
Butir 9
Pemecahan masalah
Deskripsi


Materi memuat soal non rutin dan strategi serta contoh penyelesaiannya, yang beragam, di bidang program studi (sesuai dengan rumpun program di SMA), sehingga menunjukkan cara-cara menganalisis soal, merancang model, menyelesaikan model, dan memeriksa, menganalisis, serta menyintesis solusi.



Butir 10
Komunikasi (write and talk)


Materi memuat contoh atau latihan untuk mengomunikasikan  gagasan secara tertulis, dengan menggunakan narasi baik berupa surat kabar maupun karya pribadi, tabel, diagram, dan ilustrasi gambar serta secara lisan, yaitu tugas untuk belajar kooperatif dan diskusi.
Butir 11
Keterkaitan


Materi memuat uraian atau contoh yang secara spesifik memperlihatkan atau menjelaskan keterkaitan antara konsep-konsep  keterampilan berbahasa baik berbicara, mendengarkan, menyimak dan menulis.
Butir 12
Aplikasi (penunjang kecakapan vokasional)
Deskripsi
Materi memuat uraian atau contoh yang menjelaskan aplikasi berbahasa dalam kehidupan sehari-hari.
Butir 13
Kemenarikan materi
Deskripsi
Memuat uraian, strategi, gambar, foto, sketsa, contoh, atau soal-soal  yang menarik dan dapat menimbulkan minat peserta didik untuk mengkaji materi lebih jauh.
Butir 14
Motivasi
Deskripsi
Memuat tugas mandiri untuk observasi di dunia kerja sesuai dengan minat dan bakatnya.
Butir 15
Materi pengayaan (enrichment)
Deskripsi
Memuat uraian, contoh-contoh, atau soal-soal, yang bersifat pengayaan berkaitan dengan topik yang dibahas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar