DESKRIPSI BUTIR INSTRUMEN 1 PENILAIAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH ATAS
I. KELAYAKAN ISI
A. Kesesuaian Uraian Materi dengan SK dan KD
Butir 1 | Kelengkapan materi |
Deskripsi | Materi yang disajikan memuat semua aspek ruang lingkup yang mendukung pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk kelompok bidang IPA/IPS pada SMA tertentu. Kelompok bidang IPA/IPS 1. Untuk kelas XI Semester 1 Berisikan KD: 1) Menanggapi Isi Sambutan atau Khotbah yang Didengarkan 2) Menceritakan Pengalaman dan Kejadian yang Dilihat 3) Menemukan Pokok Pikiran Esai 4) Menulis Paragraf Deskripsi 5) Melafalkan Fonem Bahasa Indonesia dan Menggunakan Kata yang Mengalami Proses Morfologis 6) Menilai Isi Ceramah yang Didengarkan 7) Menyampaikan Topik Artikel 8) Merangkum Isi Bahasan 9) Menulis Paragraf Narasi 10) Mengidentifikasi dan Menggunakan Jenis-Jenis Frasa dan Klausa 11) Mendengarkan dan Menyimpulkan Pokok Pembicaraan dari Wawancara 12) Berwawancara 13) Membaca Biografi 14) Menulis Paragraf Eksposisi 15) Mengidentifikasi dan Membedakan Berbagai Jenis Kalimat 16) Mengidentifikasi Penokohan, Dialog, dan Latar 17) Menceritakan secara Lisan Cerpen yang Pernah Dibaca 18) Menganalisis Nilai-Nilai Cerpen 19) Menulis Puisi 20) Menelaah Karya Sastra Naratif 21) Menganalisis Kesesuaian Penokohan, Dialog, dan Latar dalam Pementasan Drama |
| 22) Mendeklamasikan Puisi 23) Mengidentifikasi Pelaku, Peristiwa, dan Latar Novel 24) Menulis Cerita Pendek 25) Menggunakan Komponen Kesastraan dalam Drama 26) Menonton Pementasan Drama 27) Memerankan Drama 28) Mengidentifikasi dan Menemukan Nilai-Nilai Karya Sastra Melayu Klasik 29) Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama 30) Menganalisis Komponen Puisi Semester 2 1) Mendengarkan dan Merangkum Informasi dalam Diskusi 2) Mempresentasikan Hasil Penelitian 3) Menentukan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat 4) Menulis Ringkasan Artikel 5) Mengidentifikasi Kata Berawalan dan Berakhiran 6) Mendengarkan Informasi dan Pendapat Dialog 7) Menyampaikan Tanggapan dan Pertanyaan 8) Membaca Intensif dan Membuat Rangkuman 9) Menulis Rangkuman Diskusi Panel dan Notula 10) Mengidentifikasi Kata Berkonfiks yang Terdapat dalam Teks 11) Merangkum Pokok-Pokok Informasi dalam Diskusi 12) Berdebat 13) Membaca dan Menceritakan Kembali Berbagai Ragam Bacaan 14) Menulis Karya Ilmiah 15) Mengelompokkan Kata Majemuk 16) Menonton Pementasan Drama 17) Menceritakan Kembali Hikayat 18) Membandingkan Hikayat dengan Novel 19) Menulis dan Menyadur Cerpen 20) Mengidentifikasi Komponen Kesastraan Drama 21) Mendengarkan dan Membuat Resensi tentang Drama yang Ditonton 22) Mengevaluasi Teks Drama atau Pementasan Drama dalam Kegiatan Diskusi 23) Membandingkan Hikayat dengan Cerpen 24) Mengubah Penggalan Hikayat ke dalam Cerpen 25) Menganalisis Perkembangan Genre Sastra |
Butir 2 | Keluasan materi |
Deskripsi | Materi yang disajikan secara jelas mencakup pengenalan konsep, definisi, prosedur, prinsip, dan penjelasan yang mudah dipahami, sehingga mendukung pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan kelompok bidang jurusannya. |
Butir 3 | Kedalaman materi |
Deskripsi | Uraian, contoh, contoh-kontra, serta soal latihan yang disajikan memperjelas konsep, definisi, prosedur, atau prinsip. |
B. Keakuratan Materi | |
Butir 4 | Keakuratan konsep dan definisi |
Deskripsi | Setiap konsep dan setiap definisi dirumuskan dengan tepat, tidak ambigu (tidak menimbulkan multi tafsir), dan tidak menimbulkan miskonsepsi. |
Butir 5 | Keakuratan prinsip |
Deskripsi | Prinsip-prinsip berbahasa baik yang berupa ragam ujaran maupun tulisan dirumuskan dengan cermat dan jelas. |
Butir 7 | Keakuratan contoh |
Deskripsi | Konsep, prinsip, prosedur, berbahasa harus diperjelas oleh contoh (dapat juga berupa contoh yang salah (counter example)) yang disajikan secara akurat. |
C. Materi Pendukung Pembelajaran | |
Butir 8 | Penalaran (reasoning) |
Deskripsi | Materi memuat contoh penggunaan alur berpikir induktif (khusus ke umum) untuk membuat dugaan-dugaan (konjektur), atau deduktif (umum ke khusus) untuk menyatakan kebenaran suatu proposisi. Materi memuat uraian dan contoh yang runtut, dan jelas, mampu mengembangkan kemampuan untuk menarik kesimpulan yang sahih, dan dilengkapi dengan soal-soal terbuka dan contoh penyelesaiannya |
Butir 9 | Pemecahan masalah |
Deskripsi | Materi memuat soal non rutin dan strategi serta contoh penyelesaiannya, yang beragam, di bidang program studi (sesuai dengan rumpun program di SMA), sehingga menunjukkan cara-cara menganalisis soal, merancang model, menyelesaikan model, dan memeriksa, menganalisis, serta menyintesis solusi. |
Butir 10 | Komunikasi (write and talk) |
| Materi memuat contoh atau latihan untuk mengomunikasikan gagasan secara tertulis, dengan menggunakan narasi baik berupa surat kabar maupun karya pribadi, tabel, diagram, dan ilustrasi gambar serta secara lisan, yaitu tugas untuk belajar kooperatif dan diskusi. |
Butir 11 | Keterkaitan |
| Materi memuat uraian atau contoh yang secara spesifik memperlihatkan atau menjelaskan keterkaitan antara konsep-konsep keterampilan berbahasa baik berbicara, mendengarkan, menyimak dan menulis. |
Butir 12 | Aplikasi (penunjang kecakapan vokasional) |
Deskripsi | Materi memuat uraian atau contoh yang menjelaskan aplikasi berbahasa dalam kehidupan sehari-hari. |
Butir 13 | Kemenarikan materi |
Deskripsi | Memuat uraian, strategi, gambar, foto, sketsa, contoh, atau soal-soal yang menarik dan dapat menimbulkan minat peserta didik untuk mengkaji materi lebih jauh. |
Butir 14 | Motivasi |
Deskripsi | Memuat tugas mandiri untuk observasi di dunia kerja sesuai dengan minat dan bakatnya. |
Butir 15 | Materi pengayaan (enrichment) |
Deskripsi | Memuat uraian, contoh-contoh, atau soal-soal, yang bersifat pengayaan berkaitan dengan topik yang dibahas. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar